KONSEP PRODUK/JASA
Memahami konsep produk atau jasa sebelum memulai suatu usaha adalah hal yang sangat penting.
Oleh karena sebuah kemutlakan dapat mahamani konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis inti secara baik. Kita perlu memahami bukan hanya secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek, mulai dari lingkungan yang terkecil hingga lingkungan yang terbesar.
Beberapa hal yang perlu dipahami secara menyeluruh diantaranya aspek-aspek dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang sama sekali baru dengan melihat sisi "human behavior", kebutuhan pasar dan lainnya.
VISI MISI BISNIS
Setiap akan memulai bisnis harus menenentukan visi dan misi yang akan menjadi panduan langkah untuk tetap fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi yang awal.
Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain yang baru.
Dengan demikian hendaklah ditentukan terlebih dahulu visi dan misi bisnis yang akan dijalankan dalam kaitannya dengan latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang akan rintis.
MENTAL
Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha disamping pemahaman usaha. Untuk menjadi sukses sangat perlu sikap "Winning, Positive & Learning Attitude". "There is no over night success" adalah sesuatu yang harus dicamkan oleh setiap calon "entrepreneur" karena bisnis sangat membutuhkan waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar secara kesinambungan, dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat menjadi patah semangat namun melihat setiap peluang dan belajar atas setiap kegagalan.
PERENCANAAN & STRATEGI BISNIS
Membuat "Perencanaan & Strategi Bisnis" yang efektif akan mampu menghindarkan usaha dari resiko bisnis dan keuangan.
Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang buat.
Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang ada dalam suatu industri.
Sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap calon pengusaha untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi dan modal kerja termasuk struktur biaya untuk persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia dan juga komponen pendapatan usaha yang terdiri dari pendapatan inti dan tambahan.
Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut.
MANAJEMEN
Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan agar berlangsung dengan baik. Pengetahuan Dasar Manajemen, Organisasi & Sistem akan menghindari usaha dari Resiko Manajemen.
Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masih banyak lagi permasalahan organisasi.
SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Dengan optimalisasi "Sumber Daya Manusia" maka 50% usaha sudah berhasil.
Banyak pakar yang menyadari bahwa untuk memulai usaha seringkali apabila merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek.
Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses. Oleh karena itu perlu dipahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha, manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan juga bagaimana memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja pegawai.
KREATIVITAS
Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak permasalahan dan krisi sehingga banyak mengalami kegagalan karena kurangnya beberapa hal, seperti kreativitas diantaranya.
Kreativitas itu seperti "thinking outbox" atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha untuk berhasil.
Kreativitas juga akan sangat membantu untuk menyesuaikan produk-produk agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha.
LEADERSHIP & PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Kepemimpinan sangatlah penting dalam krisis untuk membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha percaya bahwasanya tidak panik, dan menjadi tempat "last resort" solusi atas semua permasalahan dan menjadi panutan.
Sementara Proses Pembuatan Keputusan akan membantu dalam mencari alternatif solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha dan organisasi.
Oleh karena itu perlu sekali diketahui cara-cara mengembangkan kreativitas usaha , ciri-ciri kepemimpinan yang cocok dengan latar belakang pribadi dan bagaimana proses yang benar dalam membuat keputusan dalam setiap permasalahan.
PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN
Memahami dasar-dasar Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan usaha. Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya.
Dengan demikian perlu memahami pengetahuan dasar atas "Cash Flow" atau Arus Kas, biaya pendanaan, pembiayaan modal kerja dan investasi, struktur modal, aset perusahaan, penyertaan modal dan lainnya.
PEMASARAN
Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha.
SERVICE & PRODUCT BRAND
Di lain pihak tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sulit suatu usaha untuk memperoleh pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha.
Dengan pelanggan yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik akan menciptakan "product brand" yang baik kepada calon pelanggan baru.
Sehingga perlu sekali mengetahui semua aspek penting dalam membuat strategi pemasaran, identifikasi pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan "product brand" serta efeknya kepada keberhasilan usaha.
=====
CATATAN :
Demi manfaat yang lebih besar dan perbaikan materi tulisan di atas...
Mohon berikan komentar dan saran atau pertanyaan untuk tulisan ini...!!!
0 komentar:
Posting Komentar