Perencanaan bisnis adalah uraian mengenai hal-hal yang mendasari pertimbangan pendirian bisnis / usaha dan yang berkaitan dengan pendirian bisnis tersebut, yang mempunyai tujuan dasar : kenapa bisnis ini dilakukan, bagaimana melakukannya, faktor-faktor apa yang menunjang bisnis ini berhasil, dll.
Perencanaan bisnis sangat penting bagi para wirausaha dan orang-orang yang terlibat di
dalam dunia bisnis karena beberapa pertimbangan berikut:
- Meningkatkan peluang untuk sukses.
- Mengembangkan misi bisnis.
- Menentukan pesaing utama.
- Menentukan cara yang benar dalam mengelola bisnis.
- Menentukan penghalang dalam bisnis.
- Sebagai alat pencapaian.
Proses perencanaan bisnis memerlukan lima langkah pokok, sebagai berikut:
- Mempersiapkan konsep dasar dari bisnis kita.
- Mengumpulkan data berdasarkan kelayakan dan spesifikasi untuk konsep kita.
- Memfokuskan dan menyaring konsep kita berdasarkan pada data yang kita susun.
- Menguraikan spesifikasi bisnis kita.
- Meletakkan perencanaan bisnis kita di dalam format yang baku.
Beberapa hal mendasar dalam penyusunan perencanaan bisnis:
- Buat perencanaan bisnis secara singkat, padat dan jelas yang mudah dipahami.
- Buat perencanaan bisnis yang mudah dipahami.
- Berorientasi pada keadaan masa yang akan datang.
- Jangan terlalu bermuluk-muluk.
- Tuliskan resiko-resiko yang mungkin dihadapi.
- Tunjukkan bukti-bukti yang akurat dalam menyusun argumentasi dan perhitungan.
- Tulisan harus fokus, jangan melenceng kemana-mana.
- Identifikasikan dengan jelas pasar dan konsumen.
Beberapa hal pokok yang termuat dalam perencanaan bisnis diantaranya :
- Deskripsi bisnis (profil bisnis).
- Analisis pasar.
- Persaingan.
- Strategi pemasaran.
- Rencana opresional.
- Tinjauan keuangan dan kebutuhan pendanaan.
Deskripsi bisnis
Pada bagian ini dijelaskan gagasan (meliputi visi-misi) rencana bisnis yang akan dilakukan, berkaitan dengan produk atau jasa yang dinilai prospektif, dan dikorelasikan dengan pemenuhan kebutuhan pasar.
Dalam mendeskripsikan bisnis yang akan dikelola dan jelaskan, harus menjelaskan dan menggambarkan secara tepat jenis produk atau bentuk jasa yang akan dijual dan menganalisanya mengapa masyarakat luas sebagai calon konsumen akan membeli produk yang dihasilkan atau menggunakan jasa kita.
Potensi dan penguasaan pasar yang diprediksikan akan diraih perlu juga digambarkan, dengan argumentasi bahwa produk kita berbeda dengan produk-produk serupa yang telah ada di pasar.
Analisis pasar
Pada bagian analisis pasar disajikan data dan informasi yang menggambarkan kebutuhan pasar terhadap produk dan jasa kita. Disini dituntut untuk merinci seluruh data dan informasi yang dihimpun berkenaan dengan ukuran pasar, jumlah konsumen potensial bagi produk dan klien jasa yang dihasilkan, serta tingkat pertumbuhan dan perkembangan pasar atau industri yang digeluti sebagai suatu keutuhan.
Penyajian yang disodorkan pada bagian ini, tidak boleh hanya banyak bersandar pada referensi dan hasil riset yang dilakukan semata, tetapi juga pada kemampuan dan keterampilan kita dalam memadukan data dan informasi menjadi sebuah format yang sederhana, ringkas, padat dan mudah dimengerti.
Persaingan
Dunia bisnis tidak bisa terlepas dari persaingan, dan merupakan suatu kebohongan bila tidak akan ada persaingan, meskipun memiliki produk yang diangap sangat revolusioner.
Karena akan selalu ada orang yang mau dan tidak sabar ingin menantang suatu bisnis dengan ide-ide baru dan menguntungkan. Jadi, diidentifikasi beberapa usaha yang mapan, sebagai pesaing, yang telah menjual produk atau jasa serupa dengan yang dihasilkan, dan bagaimana reaksi pesaing terhadap bisnis yang kita lakukan.
Persaingan di dunia bisnis tidak hanya melibatkan usaha - usaha yang sudah mapan dan eksis, perlu diantisipasi juga terhadap kemunculan usaha - usaha baru dan agresif dalam melakukan manuver-manuver yang akan memberikan keuntungan pada pesaing.
Dan harus selalu disadari bahwa semua usaha memiliki ide atau gagasan segar untuk menghasilkan sebuah produk unik dan penuh keunggulan. Karena itu, tidak boleh semata-mata bersandar pada opini tentang ide dan gagasan kita yang dianggap unik, melainkan lebih memprioritaskan data pasar yang kita kumpulkan.
Strategi pemasaran
Pada bagian ini, tidak boleh terlalu percaya diri dalam menggambarkan bahwa produk yang kita hasilkan sangatlah mengagumkan dan terbaik di antara yang ada sehingga konsumen tidak bisa memilih produk lain kecuali produk kita.
Sebenarnya, hanya dituntut menjelaskan, strategi apa yang akan dijalankan untuk menarik konsumen membeli produk atau menggunakan jasa kita. Juga perlunya mempublikasikan bisnis yang dijalankan melalui sejumlah metode pemasaran yang dipelajari baik melalui buku maupun pengalaman, dan perlu menjelaskan pula pendekatan penjualan yang dilakukan.
Rencana opresional
Pada bagian ini harus dideskrisikan prosedur-prosedur operasional, dan hal – hal yang dibutuhkan untuk mendukung suatu operasional
Tinjauan keuangan dan kebutuhan pendanaan
Garis dasar perencanaan bisnis adalah tinjauan keuangan dan kebutuhan pendanaan. Semua pembahasan di atas merupakan penunjang dan landasan bagi analisis keuangan.
Pada bagian ini harus dinyatakan dengan jelas jumlah dana yang dibutuhkan untuk memulai aktivitas kinerja suatu usaha, serta kapan dan bagaimana aktivitas bisnis yang dilakukan akan mendatangkan cukup uang untuk mengembalikannya.
Perlu didefinisikan jumlah investasi awal (atau jumlah pinjaman) dan berapa banyak dana yang akan dibutuhkan di masa mendatang berdasarkan proyeksi-proyeksi operasional dan penjualan produk atau jasa.
Pendefinisian ini sangat penting karena menentukan seberapa banyak dana yang akan diinvestasikan, seberapa banyak hasil yang bisa diharapkan , dan dalam jangka waktu berapa lama bisa memetik hasilnya.
=====
CATATAN :
Demi manfaat yang lebih besar dan perbaikan materi tulisan di atas...
Mohon berikan komentar dan saran atau pertanyaan untuk tulisan ini...!!!
0 komentar:
Posting Komentar